Pelatihan Managemen PUAP

Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PUAP oleh Gapoktan penerima PUAP tahun 2010, hari Rabu kemarin tepatnya tanggal 23 Desember 2010, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kabupaten Situbondo melaksanakan Pelatihan Managemen PUAP untuk pengurus Gapoktan se wilayah kerja BPP Kapongan dan BPP Sumberejo.Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali pemahaman yang cukup bagi pengurus Gapoktan yang ada tentang prosedur pengelolaan PUAP yang seharusnya, agar di kemudian hari tidak terjadi permasalahan yang menyimpang dari pedoman umum PUAP itu sendiri.

Pelatihan yang dihadiri oleh pengurus Gapoktan dan Penyuluh Pendamping ini ditempatkan di Balai Pertemuan BPP Kapongan dengan nara sumber dari BKPPP Kabupaten Situbondo, Syaiful dan Jasmiko. Kegiatan berlangsung kurang lebih 4 jam dengan materi pokok managemen organisasi dan administrasi PUAP.

Dalam pelatihan ini, peserta lebih banyak disuapi dengan motivasi untuk membangun sebuah organisasi Gapoktan yang solid dengan mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dalam menentukan kebijakan organisasi sehingga arah kebijakan lurus menuju satu titik tujuan dan target yang harus dicapai. Di samping itu, profesionalitas ditekankan harus menjadi keharusan yang wajib dimiliki oleh semua pengurus Gapoktan, agar Gapoktan mampu menjadi organisasi komunitas petani yang dinamis dan berkembang.